Cara Mengatasi Internet Sering Buffering Saat Streaming Video

Buffering Streaming Video

Sebagai pengguna internet di indonesia maka sangat wajar sekali jika sesekali kita mengalami yang namanya bufferring saat sedangn menonton video streaming. Hal ini jika hanya sesekali saja anda mengalami buffering dan segera normal dan lancar streaming video yang anda tonton, Ya namanya juga jaringan internet ada up dan downnya dan juga kita tinggal di indonesia yang masih di tahap berkembang untuk masalah internet.

Namun jika buffering yang anda alami saat menonton video cukup sering dan lama tentunya ini akan menganggu kenyamanan kita sebagai pengguna internet. Kita yang awalnya ingin hiburan dengan melihat video atau film atau menonton live streaming seseorang tapi terkendala dengan buffering yang sering terjadi.

Buffering ini bisa di artikan ketika anda menonton sebuah konten video di internet dan terjadi hambatan ketika mengakses ada audio dan video tersebut sehingga tayangan yang anda tonton tidak bisa tampil dan anda tonton secara realtime, mengalami macet dan ngedat-ngedat hal ini penyebab utamanya karena koneksi internet yang buruk atau kurang stabil.

Buffering Streaming Video

Kali ini saya akan bagikan cara untuk anda setidaknya mengurangi seberapa sering dan lama buffering anda terjadi, bisa jadi cara ini bisa membuat lebih lancar dalam anda streaming video yang ingin anda tonton. Apa saja yang perlu anda ketahui? berikut pembahasannya.

Solusi Buffering Terus Saat Streaming Video Online

Tutup Aplikasi dan Tab yang Tidak Digunakan

Jika anda menggunakan komputer mungkin anda terlalu banyak program aplikasi yang anda jalankan secara bersamaan. Meskipun aplikasi tersebut tidak sedang anda gunakan tapi tetap saja akan memakan sumber daya komputer anda di latar belakang, termasuk akses internet bisa jadi melakukan update aplikasi dilatar belakang yang tidak anda sadar.

Tonton film gratis di boscinema21.

Hal ini tentunya akan memakan resource internet anda, jadi jika anda sekarang ini sedang streaming video dan mengalami buffering yang cukup menganggu anda bisa mencoba penanganannnya dengan menutup program aplikasi yang tidak anda gunakan, Fokus pada browser atau aplikasi yang anda gunakan untuk streaming.

Jika anda membuat dan streaming video melalui browser anda juga bisa menutup tab browser yang terlalu banyak dan tidak penting, karena bisa jadi meguras sumber daya internet anda di latar belakang.

Pause Sementara Konten Video

Buffering bisa terjadi karena kecepatan internet adna tidak cukup cepat untuk mengunduh data yang diperlukan untuk ditampilkan kepada ada, jadi file video yang diperlukan untuk diplay bisa jadi belum tersedia untuk anda putar.

Solusi mudahnya anda bisa pause atau berhenti sejenak sembar menunggu beberapa saat untuk membiarkan data audio dan video tersimpan cukup banyak sehingga anda bisa menikmati konten video tanpa buffering saat melanjutkannya.ataupun anda bisa menonton sedikit lebih panjang durasinya sebelum terjadi gangguan.

Turunkan Resolusi Video

Semakin tinggi resolusi video streaming yang kita tonton maka kualitas videonya juga akan semakin baik dan tajam tentunya akan memanjakan mata anda sebagai orang yang menonton video tersebut. Namun begitu hal ini juga berlaku pada file sizenya, semakin tinggi resolusi maka semakin besar file video sehingga membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk bisa mengimbangi proses menerima video ke komputer/seluler anda dengan waktu pemutaran videe.

Tonton juga: Film Agak Lain di boscinema21

Jika tidak bisa mengimbangi maka file yang dibutuhkan untuk diputar belum tersedia dan video jadi buffering deh. Untuk nyamannya memang kita memilih resolusi video yang sesuai dengan kecepatan koneksi internet saat ini. Tidak yang paling kecil karena tentunya secara kualitas akan kurang bisa di nikmati tapi juga tidak terlalu tinggi sehingga kecepatan internet yang kita gunakan tidak bisa mengimbanginya.

Anda bisa mencoba turunkan resolusi 1-step demi 1 step hingga proses streaming atau nonton video anda menjadi lancar jaya.

Kurangi Perangkat Lain yang Terrhubung ke Jaringan

Jika anda pengguna jaringan internet wifi bisa jadi buffering anda saat ini dikarenakan jaringan internet wifi anda sedang banyak digunakan atau terlalu banyak perangkat yang tersambung. Terkadang kita punya banyak device yang terhubung ke wifi tapi tidak sedang dalam digunakan, misal punya lebih dari 1 hp masih ada laptop tablet dan perangkat lainnya.

Meskipun tidak sedang digunakan karena dalam posisi masih terhubung ke jaringan bisa jadi terjadi proses akses internet misal update software/operating system yang mengunduh file dalam jumlah besar yang menghabiskan bandwidth internet anda. Sehingga anda yang sedang nonton film atau video saat ini terasa lemot dan sering buffering karena tadi andanya pemakaian internet di background dari perangkat lain anda yang tidak anda ketahui.

Solusinya anda bisa coba disconnect kan saja perangkat yang terhubung ke jaringan wifi anda yang tidak anda sedang gunakan saat ini, agar anda bisa menikmati internet anda dengan lebih lancar tanpa gangguan,

Periksa Kecepatan Internet Anda

Anda bisa cek kecepatan internet yang anda gunakan saat ini. Apalagi untuk anda yang berlangganan wifi rumahan, anda bisa lakukan pengetesan kecepatan internet di jam sepi saat wifi rumah anda tida banyak penggunanya untuk mengetahui seberapa kecepatan maksimal koneksi wifi rumah anda saat digunakan 1 pengguna saja.

Ini penting sekali untuk anda lakukan speed test sesekali, karena kita bisa lakukan komplain jika hasil speed test yang anda lakukan terlalu jauh speednya dari klaim paket internet wifi yang sedang anda gunakan. Jika sesuai tapi masih terasa lemot bisa jadi paket yang anda gunakan kurang dari segi speed, anda bisa memilih opsi upgrade.

Hal yang perlu anda perhatikan juga banyak ISP yang memberikan FUP atau batas pemakaian wajar. Jadi akan terjadi penurunan kecepatan jika anda sudah melakai wifi anda lebih dari batas pemakaian wajar dari ISP anda. Ini memang merepotkan karena anda membuat internet rumah anda turun kecepatannya mungkin ditengah atau akhir bulan. Hal ini bisa jadi juga penyebab anda sering mengalami buffering saat streaming video akhir-akhir ini.

Tapi tentang saja untuk paket Wifi Rumahan dari JagatNet sudah 100% lancar tanpa adanya FUP jadi anda bsia menikmati jaringan internet stabil setiap saat bahkan hingga akhir bulan, jika anda wilayah Purwodadi, Grobogan dan sekitar bisa hubungi kami untun informasi pemasangan.

Buat temen-teman yang ingin menonton film gratis juga langsung kunjungi website boscinema21,

Itu dia yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi internet yang sering buffering, semoga bisa bermanfaat dan jika ada pertanyaan bisa drop komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.